• pemandangan 1
  • pemandangan 1
  • pemandangan 2
  • pemandangan 3
  • pemandangan 3
  • pemandangan 3
  • pemandangan 3
  • pemandangan 3
  • "/>

Selasa, 27 Desember 2011

PROPOSAL

A.     LATAR BELAKANG








         Desa Sidaharja merupakan salah satu Desa dari Kecamatan Pamarican yang wilayahnya adalah sebelah Timur berbatasan dengan Desa Bantardawa Kec.Purwadadi, sebelah Utara berbatasan dengan Desa Kutawaringin, sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Sukamukti dan Desa Sukajadi dan sebelah Barat berbatasan dengan  desa Kertahayu.

         Secara keseluruhan keadaan alam di desa Sidaharja cukup potensial untuk kegiatan Pertanian dan juga perdagangan Karena merupakan salah satu penghasil padi , buah-buahan , produksi sale dan gula merah.

         Sedangkan dalam system administratif Pemerintahan Desa Sidaharja terdiri dari 3 dusun dan 4 RW, dan 18 RT. Luas Desa Sidaharja sebesar 327.710 Ha dengan komposisi tata guna lahan terdiri lahan untuk pemukiman 128.758 Ha, tegalan/kebun/lading/huma 5.490 Ha, pengembalaan pagang rumput ………..Ha, tidak diusahakan ………Ha, hutan rakyat………..Ha, hutan megara……….Ha, perkebunan Negara/swasta ………..Ha, rawa yang ditanami ………..Ha, tambak ………Ha, kolam/empang 4,805 Ha, goron-gorong ………….Ha, lahan kering ………Ha, dan sawah 184,575 Ha.

         Dibawah ini disajikan tabel luas Desa , Sebaran Penduduk, Kepadatan dan Kondisi Topografi di tiap-tiap Rukun Warga.

Tabel
Luas, jumlah RW dan RT, Sebaran Penduduk, Kepadatan, dan kondisi
Topografi Desa Sidaharja

No
Nama Dusun
Luas
RT
Sebaran
Penduduk/
Kondisi
Penduduk
Km2
Topografis
1
Sidaharja

6
1200
700/Km
Dataran
2
Kertasari

8
1638
800/Km
Dataran
3
Ciporoan

4
  650
323/Km
Dataran

         Dari tabel diatas dapat dijelaskan bahwa sebagian besar Dusun atau di Desa Sidaharja mempunyai topografi dataran rendah dengan ketinggian rata-rata  21 m/dpl.

         Sebaran penduduk di Desa Sidaharja paling padat diatas angka 800 penduduk / Km2  berturut di RT/RW    Kertasari  . Jumlah seluruh penduduk Desa Sidaharja adalah 3488 jiwa dan 1003  KK  dengan kepadatan penduduk sebesar 94,2 orang/Km2 , dengan criteria status social dan ekonomi penduduk kaya 90 KK, sedang 517 KK, dan miskin 396 KK.


B.     MAKSUD,TUJUAN, DAN SASARAN KEGIATAN

         1.      Maksud
                  Untuk memperlancar kegiatan dan aktifitas sehari-hari yang berkaitan dengan berbagai bidang dan kebutuhan masyarakat, sehingga dapat memproduksi sesuai dengan sarana yang memadai.

         2.      Tujuan
                  Pemerataan pembangunan dalam rangka peningkatan inkam perkapita khususnya masyarakat Desa Sidaharja dan masyarakat sekitarnya.

         3.      Sasaran
                  1.      Perekonomian
                           Memperlancar transportasi pemasaran hasil produksi pertanian dan kerajinan, hubugan antar pedagang baik dari dalam maupun dari luar daerah serta memperlancar jalur ANGDES yang prima sehingga mampu menciptakan urat nadi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.
                  2.      Pendidikan
                           Aktifitas pendidikan dapat berjalan dengan tanpa adanya kendala yang lebih berat sehingga menumbuhkan semangat belajar siswa, yang akhirnya dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia masyarakat Desa Sidaharja.
                  3.      Pemerintahan dan Masyarakat
                           Arus komunikasi dan transportasi Pemerintahan Desa dengan Desa lain dapat berjalan dengan ceapat dan tepat, sehingga informasi dan kewajiban Pemerintah dapat dilaksanakan sesuai denan yang diharapkan ( Pelayanan prima ).         

C.     RENCANA KEGIATAN

         1.      Jenis Kegiatan yang Diusulkan

                  Sesuai dengan permasalahan dan kendala yang diahadapi oleh masyarakat Desa Sidaharja khususnya dan masyarakat sekitar pada umumnya, Pemerintah Desa Sidaharja mengusulkan peningkatan sarana transportasi  yaitu pengaspalan jalan sebagai tindak lanjut pengaspalan sebelumnya dengan ukuran jalan;  panjang  1700 m dengan ukuran lebar jalan 3 m.

         2.      Alasan/Masalah

                  Wilayah Desa Sidaharja merupakan wilayah yang paling ujung dan merupakan salah satu Desa IDT dari Kecamatan Pamarican yang memiliki Panjang Jalan Protokol Desa 6 Km dengan bentangan 3 m, kondisi jalan yang baru diaspal  4,3 Km. Saat ini wilayah Desa Sidaharja merupakan salah satu jalan yang dilewati jalur ANGDES Pasar Karangcengek – Banjarsari yang tentunya dituntut adanya sarana transportasi yang prima. Karena kondisi jalan yang fatal saat ini kendaraan ANGDES yang tadinya berjumlah 20 angkutan menjadi Cuma 6 kendaraan ANGDES yang beroperasi tentunya hal ini memperlambat lajunya arus perdagangan, ekonomi dan pendidikan. Dengan hal tersebut di atas, perbaikan dan pengaspalan jalan harus dilakukan oleh Pemerintah dan masyarakat.
         3.      Waktu Pelaksanaan

                  Sesuai dengan rencana Anggaran Pembangunan APBD 2 yang telah ditetapkan  Program Pembangunan Infrastruktur Pedesaan ( P2IP )  akan dilaksanakan pata tahun 2008. Adapun Schedule time yang akan dilakukan oleh Panitia Pelaksana Kegitan program ini terlampir.

         4.      Pelaksana Kegiatan

                  Pelaksana Kegiatan Program Pembangunan Infrastruktur Pedesaan  ( P2IP ) adalah unsur masyarakat yang tertuang dalam  Musyawarah Desa I.

SUSUNAN PENGURUS
PANITIA PELAKSANA KEGIATAN PPIP DESA SIDAHARJA

                               
                                1.             PELINDUNG                        : KEPALA DESA SIDAHARJA
                                2.             KETUA                                 : RATIJO
                                3.             SEKRETARIS                     : SAEPUDIN ( SEKDES )
                                4.             BENDAHARA                     : ARIE SAEFULLOH

                  Adapun untuk seksi-seksi kegiatan dalam  kegiatan ini terlampir.

         5.      Jumlah Penerima Manfaat

                  Dengan dibangunnya jalan di Desa Sidaharja melalui Program P2IP yang diagendakan oleh Pemerintah Daerah akan mempengaruhi sector perekonomian rakyat, pendidikan dan Pemerintahan  dari sejumlah 3488 Jiwa , 1003 KK dan 396 KK miskin. Dan tentunya pula memiliki daya manfaat bagi masyarakat sekitar di luar Desa Sidaharja.

         6.      Volume Kegiatan

                  Sebagaimana dituangkan dalam pokok permasalahan di atas bahwa  objek sasaran pembangunan  1 ( satu ) unit /paket kegiatan yaitu pengaspalan jalan dengan Panjang 1700 m dan bentangan 3 m.

         7.      Ketersediaan Bahan dan Lahan

                  a.      Luas lahan yang dibutuhkan
                           panjang jalan yang perlu diaspal 1700 m X 3 m = 3700 m2

                  b.      Kondisi lahan yang tersedia
                           Untuk kondisi jalan yang akan dibangun melalui Program Pembangunan infrastruktur Pedesaan ini adalah  jalan batu dan kerikil.

                  c.      Kepemilikan lahan
                           Jalan sepanjang 1700 m dengan bentangan 3 m yang akan dibangun melalui program P2IP ini merupkan mutlak milik Desa.


                  d.      Jenis dan jumlah bahan
                           Adapun jenis bahan yang dibutuhkan dalam kegiatan ini adalah Batu belah 15-20 cm = 337,50 m3 , Batu pecah 3 – 5 cm = 255 m3 , Batu pecah 1-2 cm =153 m3 , Aspal 1,5 kg/m2 untuk penetrasi = 7.650 kg, Aspal  3 kg/m3 = 15.300 kg, Screen = 102 m3 , Kayu bakar = 158 mdan bahan baker solar = 388 liter.

                  e.      Ketersediaan bahan
                           Ketersediaan jenis bahan yang dibutuhkan dalan program ini masih menggunkan bahan local di Kecamatan Pamarican dan sekitarnya.

         8.      Tenaga Kerja

                  Tenaga kerja yang diberdayakan dalam kegiatan ini adalah masyarakat Desa Sidaharja terkecuali tenaga ahli pengaspalan dan operator walls  stoom. Dengan perbandingan 99,99 % tenaga local dan tenaga luar Desa 01 %.

         9.      Bahan Material

                  Prosentase bahan yang digunakan  dalam kegiatan ini adalah :
                  a. setempat     30 %
                  b. luar Desa    70 %

         10.    Penggunaan Teknologi

                  Program P2IP yang akan digulirkan di Desa Sidaharja ini menggunakan Teknologi sederhana yang dikuasai masyarakat setempat.

D.     RENCANA OPERASI DAN PEMELIHARAAN

         1.      Mekanisme Operasi dan Pemeliharaan

                  Sebagaimana diketahui bahwa pembangunan Desa merupakan proses kegiatan pembangunan yang dikaksanakan secara terpadu dengan pemerintahan desa bersama-sama dengan masyarakat desa, pardigmanya masyarakat tidak hanya sebagai objek tapi juga sebagai subjek pembangunan.Dengan hal tersebut Pemerintah Desa membuat sebuah pola dengan Peningkatan Pengelolaan Sumber Daya Masyarkat Desa sehigga mereka sadar akan pentingnya pembangunan berkelanjutan yang berdaya manfaat untuk generasi saat ini  dan generasi yang akan datang.Dalam konsep pemeliharaan setiap pembangunan di desa Sidaharja dibentuklah sebuah komitmen bersama antara masyarakat dan pemerintah Desa dalam pemeliharaan dengan dana stimulan dari ADD dan  swadaya masyarakat dengan dibentuknya sebuah Team TERJAL ( Team efesiensi Resiko Jalan ).
         .

E.     PROFIL DESA SIDAHARJA

         1.      Letak Geografis

                  Desa Sidaharja merupakan suatu desa yang terletak kurang lebih 12 km dari pusat Kota kecamatan Pamarican dan 7 km dari kota Banjarsari dengan luas wilayah 327.710 H. Batas wilayahnya adalah :
a.             sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Sukamukti dan Sukajadi
b.            sebelah Utara berbatasan dengan Desa Kutawaringin
c.             sebelah Barat berbatasan dengan Desa Kertahayu
d.            sebelah Timur berbatasan dengan Desa Bantardawa Kec.Purwadadi.

         2.      Demografi

                  a.      Jumlah penduduk Desa Sidaharja 3488 jiwa yang terdiri dari :
                           Laki-lai\ki                 :                       jiwa
                           Perempuan               :                       jiwa

                  b.      Secara Administrasi terbagi dalam :
                           Jumlah Dusun          :      3 dusun yaitu : Ciporoan. Sidaharja dan Kertasari

         3.      Kondisi Jalan

                  a.      Panjang Jalan Desa Sidaharja          :  6000  meter
                  b.      Panjang jalan Aspal                          :  4300 meter
                  c.      Panjang jalan tanah                          :  1700  meter

F.      PENUTUP

         Demikian usulan kegiatan masyarakat Desa Sidaharja Kecamatan Pamarican ini dibuat, sebagai bahan pelaksanaan penilaian dan Operasional Program Pembangunan Infrastruktur Pedesaan ( PPIP ).
         Semoga Pemerintah Kabupaten Ciamis dari mulai unsur pimpinan dan staf tetap manjing dinamis untuk masyarakat tatar galuh. Amin!



                                                                                          Sidaharja, 10 Maret 2008
                                                                                    Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan




                                                                                                    R A T I J 0

Mengetahui
Kepala Desa Sidaharja




SLAMET,S.Ag

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Grocery Coupons