• pemandangan 1
  • pemandangan 1
  • pemandangan 2
  • pemandangan 3
  • pemandangan 3
  • pemandangan 3
  • pemandangan 3
  • pemandangan 3
  • "/>

Minggu, 05 Februari 2012

MAD LPJ UPK Kec.Pamarican

31 Januari 2012
Musawarah Antar Desa LPJ UPK KEC.PAMARICAN TH.2011
Dan Prioritas Usulan PNPM MP TA 2012


Membangun Desa dari Rakyat Untuk Rakyat

MAD LPJ UPK Tahun Anggaran 2011 Kec. Pamarican Kab. Ciamis Propinsi Jawa Barat, dilaksanakan di Desa Sukahurip  tanggal 31 Januari 2012 pukul 08.00. MAD LPJ UPK diikuti oleh 14 desa  stiap Desa mengirimkan 9 orang perwakilan  dengan  jumlah 126 peserta , mereka sikapi MAD ini sangat antusias oleh masyarakat. Adapun materi MAD LPJ UPK TA. 2011 adalah Pembacaan Resume LPJ UPK, Pembacaan Laporan Hasil Pemeriksaan BP-UPK, Diskusi Kelompok,Persentse hasil Diskusi dan Umpan balik dan Penetapan dan Pengesahan Hasil MAD LPJ UPK. Adapun untuk materi MAD Prioritas Usulan TA 2012 adalah Presentasi Laporan dan Rekomendasi Tim Verifikasi, Pengesahan usulan usulan Desa PNPM TA 2012, Diskusi Kelompok, Penghitungan Rekapitulasi Nilai Usulan,Pengesahan Hasi lMAD Prioritas usulan, Penyampaian Hasil Pengamatan Pelaksanaan MAD, Penyusunan RKTL, dan Penandatanganan Berita Acara MAD.Sementara harapan dengan adanya MAD LPJ ini  untuk menuju kemandirian UPK dan lembaga-lembaga pendukung UPK dalam rangka menyongsong exit strategy, untuk itu sangat diharapkan kehadiran peserta memberikan dampak positif untuk perkembangan UPK dismasa yang akan datang. Salah satu hal yang menarik untuk MAD TA 2012 ini adalah adanya kelompok diskusi dalam MAD yang tujuannya adalah : 1. Memberikan kesempatan kepada forum untuk melihat dan terlibat langsung dan menilai kinerja hasil UPK kelembagaanlainnya selama 1 tahun. 2. Memberikan masukan , kritik dan saran yang membangun 3. Menerapkan prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaankegiatan.
 Alokasi dana BLM Kec. Pamarican TA. 2012 adalah Rp. 800 jt. Terjadi penurunan alokasi dari Tahun Anggaran 2011 sebesar Rp. 1,3 M. Hal ini menyebabkan kekecewaan di masyarakat, mereka beranggapan bahwa dengan dana itu tidak akan menyentuh desa mereka. Tetapi kemudian diberi penjelasan bahwa dana tersebut adalah sebagai salah satu keberhasilan Kec Pamarican dalam upaya pengentasan kemiskinan dan tenaga pengangguran jadi dengan keberhasilan yang ada mempengaruhi jumlah nilai BLM untuk Kec.Pamarican.   Setelah dijelaskan demikian akhirnya masyarakatpun mengerti dan menyadari serta tidak mengurangi kesemangatan dalam membangun dan berkompetisi dalam meraik dana PNPM . Mereka tetap berharap  bantuan PNPM-MP dapat menyentuh desa mereka....
Untuk MAD Prioritas Usulan Camat  Pamarican berharap kepala desa, Ketua BPD, tokoh masyarakat serta keterwakilan perempuan dapat menetukan apa-apa saja yang menjadi prioritas dalam musyawarah antar desa prioritas dan penetapan nantinya, serta program apa saja yang dapat terdanai oleh program PNPM tahun 2012.
Dikatakan terkait dengan dana program PNPM-MP ini, pada tahun 2012 PNPM-PM Pamarican bendapat bantuan pemerintah sebesar Rp 800 juta .
Musyawarah Antar Desa Prioritas PNPM dihadiri   150   orang  mewakili desa dan  se Kecamatan Pamarican, masing-masing mengirimkan 9 orang peserta.
Yang menjadi dasar pelaksanaan musyawarah antar desa proritas usulan berdasarkan surat edaran Mendagri tentang petujuk tehnis operasional PNPM-MPd  tahun anggaran 2011-2012, petujuk tehnis operasional tahapan kegiatan PNPM mandiri pedesaan dari tim koordinasi PNPM-MP tahun 2011.
Sementara maksud dan tujuan pertemuan tersebut agar seluruh pesarta mampu memahami, musyawarah antar desa prioritas dan penetapan operasional tahapan kegiatan PNPM –MP.
Peserta mampu memahami ruang lingkup kegiatan optimalisai yang ada di  PNPM-MP, melaksanakan prioritas dan penetatapan usulan kegiatan secara kontinyu  dan transparan, mampu menyampaikan umpan balik dan laporan kegiatan di forum MAD.
Materi pertemuan musyawarah desa prioritas usulan tersebut informasi singkat PNMP MP optimalisai dan itergrasi 2011-2012, penetapan dan pertanggungjawaban UPK, rekombinasi Verifikasi dan musyawarah desa prioritas usilan optimalisai 2012( MAD II) serta kespakatan RKL.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Grocery Coupons