• pemandangan 1
  • pemandangan 1
  • pemandangan 2
  • pemandangan 3
  • pemandangan 3
  • pemandangan 3
  • pemandangan 3
  • pemandangan 3
  • "/>

Senin, 02 Januari 2012

Potensi dan Masalah


BAB III
POTENSI DAN MASALAH

3.1     POTENSI

            Dari berbagai Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) yang ada, maka potensi Desa Sidaharja sangat mendukung untuk di kembangkannya Pembangunan baik pembangunan fisik maupun non fisik sehingga pada akhirnya dapat memenuhi harapan dan keinginan masyarakat juga Pemerintah.
Potensi-potensi yang ada harus dapat digali seiring dengan kebutuhan pembangunan yang terus berkembang. Kami Pemerintah Desa Sidaharja berupaya sekemampuan untuk terus menggali Potensi bersama lembaga-lembaga desa yang ada dan pihak ketiga yang dapat bekerja sama untuk membangun. Diantara Potensi Desa Sidaharja :

3.1.1         Pendidikan
Potensi Pendidikan di Desa Sdaharja secara garis besar cukup memadai, dengan adanya Kegiatan Belajar Mengajar baik pendidikan Formar maupun Informal, sarana prasarana, SDM dan calon anak didik serta tempat pendidikan.

3.1.2         Kesehatan
Potensi bidang Kesehatan di Desa Sidaharja adalah Sarana Kesehatan (PUSTU), Bidan Desa dan Mantri serta adanya Pengurus Paguyuban Desa Sehat Siaga. Kesemua Potensi ini sangat membantu terhadap permaslahan yang berkaitan dengan kesehatan.

3.1.3         Sarana Prasarana
Sarana Prasarana merupakan bidang yang memiliki peranan penting dalam mendukung seagala bidang kegiatan. Potensi sarana dan Prasarana didesa Sidaharja Jalan Desa, Jalan Tembus, Jalan Gang, Irigasi, Tempat Pendidikan Formal maupun Informal, Perkantoran dan Gedung BUMMDES serta tenaga Swadaya.
Sarana Prasarana khususnya Sarana Prasarana Transportasi semua dalam keadaan rusak terkecuali sarana Prasarana yang sudah di biayai Oleh PNPM.

12
3.1.4         Ekonomi dan UKM

Pembangunan Ekonomi dan UKM d desa Sidaharja dalam Sepuluh tahun teraakhir menghasilkan laju pertumbuhan ekonomi yang masih relatif sedang, yaitu rata-rata pertumbuhan ekonomi setiap tahun sebesar 3,27 % pertahun.
Potensi Ekonomi dan UKM di desa Sidaharja dengan adanya lahan Pertanian yang luas dari lahan permukiman, disamping pengembangan BUMDES dan UEP yang saat ini laju pertumbunhannya cukup baik disbanding denagan desa-desa lain.

3.1.5         Pertanaian

Dalam perkembangan Perekonomian Desa Sidaharja, bidang pertanaian masih menjadi sektor andalan dalam pembangunan Desa Sidaharja selain merupakam ,ata pencaharian sebagian besar penduduk Desa Sidaharja, juga memberikan kontribusi yang paling besar Pendapatan Desa.
Potensi Pertanian di Desa Sidaharja adalah lahan Persawahan yang cukup Luas dan Sarana Irigasi yang cukup mendukung.

3.1.6         Lingkungan Hidup

Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup merupakan suatu sitem yang sangat luas, komplek, Dinamis, serta berinteraksi satu sama lain. Apabila melakukan perubahan pada satu komponen dalam system, maka akan menimbulkan perubahan terhadap system tersebut.
Potensi Lingkungan Hidup di desa Sidaharja antara lain Lahan pertanian, permukiman, perkebunan, Perikanan dan Perternakan.

3.1.7         Sosial Budaya

Upaya Pembangunan Jatidiri masyarakat Desa Sidaharaja sebagai modal pelaksanaan Pemabangunan masih perlu ditingkatkan, seperti Budaya Hidup bergotong royong, kesetiakawanan sosial, kekeluargaan, saling percaya dan rasa cinta tanah air yang dirasakan semakin terkikis.
Potensi Sosial Budaya di desa Sidaharja diantaranya; melestarikan kebudayaan dan seni budaya yang ada yang bersumber dari warisan leluhur seperti Wayang Golek, Janeng dan Hadroh.
13
Potensi-potensi diatas dalam Pembangunan tidak akan berjalan tanpa adanya dukungan terutama dari masyarakat, lembaga desa dan pihak ketiga. Namun dalam merencanakan kegiatan Pembangunan yang telah tertuang dalam RPJMDes maupun RKPDes sering tidak tepat waktu di karenakan berbagai masalah yang ada.

3.2     MASALAH

            Masalah yang ada dapat terurai apabila semua pihak mendukung kegiatan Pembangunan tanpa melihat sekelompok masyakat maupun golongan. Masalah yang kongkrit adalah masalah Anggaran dana yang sering tidak sesuai dengan yang diharapkan sehingga berdampak pada kegiatan pembangunan yang sedang berjalan.
Masalah sering terjadi pada kegiatan :

3.2.1         Pendidikan

Pendidikan Formal di Desa Sidaharja termasuk baik, terutama dalam Bangunan namun untuk perpustakaan masih minim, sehingga siswa harus bergantian dalam mempelajari buku pelajaran karena keterbatasan buku penunjang, sedangkan pada pendidikan Informal sarana dan prasarana kurang mendukung sehingga siswa dalam belajar tidak dapat maksimal seperti halnya pada pendidikan Formal.
Sumber Daya Pendidik juga kurang menunjang di karenakan Honorarium yang sangat minim, hal ini juga dapat mempengaruhi kinerja Pendidik.

3.2.2         Kesehatan

Masalah Kesehatan di desa Sidaharja, Kurangnya kuantitas dan kualitas Suimber Daya Tenaga Kesehatan, Kurangnya sarana dan prasarana aksesibilitas pelayanan kesehatan, belum optimalnya standarisasi pelayanan kesehatan, meningkatnya penduduk miskin serta adanya perubahan pla hidup masyarakat yang mendukung terjadinya transisi epidemiologi yang di tandai dengan meningkatnya kasus penyakit Degeneratif.
Selain itu kondisi Kesehatan lingkungan yang kurang mendukung serta perilaku hidup bersih dan sehat dimasyarakat yang belum membudaya menjadi kendala yang cukup berat dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Desa Sidaharja.
14
3.2.3         Sarana Prasarana

Adanya kerusakan sebagian besar ruas jalan yang sering dilalui oleh masyarakat sebagai sarana transportasi, sehingga arus laju perkembangan perekonomian cukup terhambat.
Selain itu sarana pendidikan Informal belum memadai sehingga siswa belajar kurang maksimal,. Sedangkan sarana irigasi hamper 50 % rusak dan terdapat kebocoran disana sini serta saluran tersier banyak yang di matikan (ditutup).

3.2.4         Ekonomi dan UKM

Masalah Ekonomi dan UKM di Desa  Sidaharaja sangat terbentur permasalahannya pada pendanaan terutama dalam BUMDES dan UEP yang saat ini sedang berkembang. Apabila hal ini tidak ditangani secara serius, maka akan berdampak minimal pada pertumbunhan perekonomian  di Desa Sidaharja.
Sedangkan masalah Ekonomi adalah minimnya pendapatan perkapita masyarakat di Desa Sidaharja yang sebagian besar masyarakatnya berpenghasilan dari bertani dan buruh tani.

3.2.5         Pertanian

Masalah pertanian sangat berdampak serius pada kehidupan masyarakat khusunya di desa Sidaharja karena mayoritas penduduk desa Sidaharja sebagai Petani dan buruh tani. Selain masalah ini, permodalan juga merupakan hal yang sangat penting, dimana para petani belum cukup membiayai dalam pengolahan lahan pertaniannya secara maksimal sehingga berdampak pada hasil panen yang kurang memnuhi standar, hal ini juga dikarenakan Sumber Daya Manusianya yang kurang terutama dalam bidang pertanian.

3.2.6         Lingkungan Hidup

Masalah Lingkungan Hidup kurangnya optimalisasi pemanfaatan Sumber Daya Alam, kurangnya penyelamatan tanah dan air, serata kurangnya pembiayaan kegiatan tersebut.
 15
3.2.7         Sosial dan Budaya

Berkurangnya rasa bergotong royong, kesetiakawanan sosial, kekeluargaan dan rasa cinta tanah air. Serta kurangnya mencintai  kebudayaan dan seni budaya yang ada yang bersumber dari warisan leluhur seperti Wayang Golek, Janeng dan Hadroh.

Masalah Pendidikan, Kesehatan, Sarana dan Prasarana, Koperasi dan UKM, Pertanian, Lingkungan Hidup, Sosial Budaya serta, semua masalah dapat diatasi apabila foktor dana mencukupi, baik yang bersumber dari Swadaya, APBD I, APBD II dan APBN.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Grocery Coupons