• pemandangan 1
  • pemandangan 1
  • pemandangan 2
  • pemandangan 3
  • pemandangan 3
  • pemandangan 3
  • pemandangan 3
  • pemandangan 3
  • "/>

Jumat, 27 Januari 2012

MUSRENBANGDES SIDAHARJA

Musrenbang Desa Sidaharja Tahun 2012
Dan MDST PNPM Integrasi Tahun 2011



Sidaharja25/1/2012--” Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa Sidaharja ini merupakan kegiatan penting bagi kita semua, khususnya bagi Pemerintah dan Masyarakat Desa Sidaharja untuk tahun yang akan datang. Musrenbang  ini saya katakan penting karena kegiatan ini merupakan agenda nasional yang dimulai dari tingkat Desa/Kelurahan yang disebut dengan Musrenbang Desa/Kelurahan,yang kita laksanakan hari ini, dilanjutkan ke tingkat Kecamatan dan sampai dengan Musrenbang Kabupaten , dan agenda ini berlanjut ke tingkat Provinsi dan berakhir di tingkat Nasional yaitu Musrenbang Nasional. Agenda ini merupakan suatu proses penyaringan aspirasi masyarakat, dari tingkat paling bawah sampai tingkat Nasional,  sebagai bahan perencanaan pembangunan yang lazim disebut Bottom Up, sehingga betul-betul mencerminkan partisipasi masyarakat sebagai subjek pembangunan,”ungkap Kepala Desa Sidaharja dalam sambutannya pada Pembukaan Musrenbang  Tingkat Desa  Tahun 2012 yang dipadukan dengan MDST Integrasi Program PNPM Tahun 2011.

Program Pembangunan Desa pada Tahun 2013 diarahkan pada 3 (tiga) skala prioritas utama, yakni: sektor Pertanian dan Pengembangan Ekonomi Kerakyatan,  sektor sarana dan prasanara Jalan serta sarana kesehatan . Sektor-sektor inilah yang harus kita prioritaskan disamping sektor pendukung lainnya yang juga harus menjadi perhatian bersama.
“Saya tegaskan disini bahwa kegiatan musrenbang ini harus dapat memasukkan frame berpikir bagi kita sekalian bagaimana seharusnya kita dapat berpikir fungsional dalam orkestra yang akan kita kembangkan dalam 1 tahun ke depan.
Selanjutnya Kepala  Desa Sidaharja mengatakan bahwa kegiatan Musrenbang yang dipadukan dengan kegiatan MDST Integrasi Program PNPM dapat dilaksanakan dengan baik. Oleh karenanya dihimbau kepada para peserta Musrenbang kiranya dapat memberikan masukan-masukan terkait program prioritas yang akan dijalankan. Meskipun terdapat beberapa koreksi berdasarkan hasil pelaksanaan Musrenbang tingkat Desa yakni, terkait masih banyaknya kegiatan pembangunan yang belum tercover dalam RPJMDES Sidaharja.
“Saya harap agar kita secara cermat dan tepat dapat mengidentifikasikan proyek-proyek prioritas, baik karena nilai strategisnya terhadap pengembangan wilayah maupun kandungan manfaat yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat”, jelasnya.

Apapun yang kita lakukan seharusnya tetap berpacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) 2009-2014. Dalam hal ini perlu saya tekankan kembali bahwa apapun program/ proyek yang disusun hendaknya dapat memberikan manfaat langsung kepada masyarakat Desa Sidaharja, memperkuat persatuan dan kesatuan kita   sebagai    bagian yang tidak terpisahkan dari keseluruhan bangsa Indonesia, meningkatkan kepekaan terhadap permasalahan dan kebutuhan masyarakat bawah, melibatkan partisipasi masyarakat, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan mengembangkan  ekonomi kerakyatan. “Saya berharap melalui Musrenbang ini usulan-usulan program/proyek yang disampaikan melalui Dusun  diintegrasikan kedalam kerangka umum pembangunan Desa Sidaharja yang harus disesuaikan dengan Renstra Pembangunan Desa. Untuk mencapai harapan dan tujuan tersebut, maka diperlukan keseriusan seluruh peserta Musrenbang Desa terutama para Rt , Tokoh Masyarakat dan Pemuda dalam menyusun usulan program/proyek dengan menggunakan skala prioritas. Apabila ada usulan proyek yang tidak sesuai dengan Renstra dan RPJMdes Desa yang telah kita tetapkan bersama, tentunya akan menghambat dan merugiakan masyarakat”, katanya.

Turut hadir dalam acara MDST Rabat beton PNPM Integrasi dan Musrenbang Desa, Ketua BPD beserta anggota, Pengurus UPK, FK, FT , PJOK, PKK , Para Kader ,  Tim Verifikasi, serta undangan lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Grocery Coupons